Jumat, 06 Juni 2014

Tips Praktis Membuat Bajigur Yang Enak

Tips Praktis Membuat Bajigur

Minuman bajigur merupakan minuman tradisional yang berasal dari daerah sunda atau Jawa Barat. Minuman ini biasa dikonsumsi hangat, bahkan ketika panas. Minuman bajigur memang sengaja dikonsumsi seperti itu, cara penyajian dan resep minuman bajigur memang sangat khas dan benar-benar mencirikan minuman dari daerah sunda tersebut.

Dikarenakan minuman tersebut biasa disajikan secara panas atau hangat, minuman tersebut sangat cocok dikonsumsi pada saat-saat musim dingin atau musim hujan seperti saat ini. Biasanya minuman ini ditemani oleh bandrek, kacang rebus, ubi rebus, dan makanan atau minuman tradisional lainnya saat dijajakan oleh sang penjual. Resep minuman bajigur membuat minuman tradisional satu ini salah satunya dapat berkhasiat untuk menghangatkan badan. Selain itu, bajigur juga dapat meredakan migrain, pilek, mual, mabuk, sariawan, sakit perut, masuk angin, gangguan pencernaan, dan mengatasi susah buang air besar.
 Membuat Bajigur Yang Enak
 Membuat Bajigur Yang Enak
Sebenarnya, apa sih yang membuat bajigur bisa berkhasiat seperti itu? Rahasianya adalah dari berbagai bahan dan resep minuman bajigur. Berbagai bahan dikandung bajigurlah yang kemudian bisa membuat bajigur berkhasiat sebagai obat dari penyakit-penyakit yang telah diuraikan di atas. Berikut adalah bahan dan cara kerja pembuatan bajigur.

1.         Bahan:
·    ½ liter santan dan 1 buah kelapa parut,
·    1 liter air,
·    150 gram gula merah,
·    25 gram gula pasir,
·    2 lembar daun pandan,
·    5cm batang kulit kayu manis,
·    ½ sendok teh garam,
·    1 sendok makan kopi bubuk,
·    100 gram kolang kaling.

2.         Cara Pembuatan:
·      Didihkan santan dan kelapa parut,
·      tambahkan air, gula merah, dan daun pandan kemudian aduk rata,
·      masukkan kolang kaling ke dalam gelas,
·      masukan air santan ke dalam gelas yang telah lebih dulu diisi kolang kaling,
·      bajigur siap untuk diminum.

Resep minuman bajigur ini tidak terlalu sulit. Permasalahan enak dan tidak enak sebenarnya bisa Anda atasi dengan menambah atau mengurangi takaran dari bahan yang telah ditentukan. Meskipun Anda bukan termasuk masyarakat Sunda, tetapi tidak ada salahnya Anda mencoba membuat bajigur untuk menemani waktu Anda pada musim hujan ini.Resep Daging Rendang Padang Nikmat By Resep-Saya


Description: Resep minuman bajigur tidak sulit untuk dicoba oleh para pemula. Minuman tradisional dari Sunda ini cocok untuk menemani waktu Anda di musim hujan.

Tips Praktis Membuat Bajigur Yang Enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zikien

0 komentar:

Posting Komentar