Minggu, 20 Juli 2014

Resep Jus Daun Katuk Untuk ASI Ibu

Resep Jus Daun Katuk Untuk ASI Ibu - Daun katuk atau yang memiliki nama ilmiah Sauropus androgynus adalah salah satu daun yang namanya cukup dikenal di kalangan masyarakat luas. Bahkan, keberadaannyapun mudah dijumpai di kawasan Asia Tenggara. Daun katuk terkenal memiliki khasiat untuk melancarkan Asi pada ibu menyusui. Tapi dibalik itu semua, daun katuk memiliki sejumlah manfaat yang lebih dari sekedar memperlancar ASI. Beberapa olahan daun katuk yang sering dibuat oleh masyarakat adalah olahan sayur daun katuk, namun ada cara lain untuk mengkonsumsi daun katuk yaitu membuatnya menjadi jus daun katuk.

Fakta Dibalik Jus Daun Katuk

Jus Daun Katuk Untuk ASI Ibu

Jus Daun Katuk Untuk ASI Ibu

Tanaman daun katuk adalah tanaman yang kaya akan klorofil, antioksidan, serta memiliki berbagai senyawa aktif yang sangat berguna bagi kesehatan. Beberapa manfaat yang bisa diambil dari daun katuk adalah mengatasi anemia, encegah osteoporosis, meredakan flu, serta mampu membunuh berbagai macam bakteri, virus, dan parasit yang ada di dalam tubuh. Jadi tak heran bila daun katuk disebut-sebut sebagai salah satu obat herbal. Di Taiwan sendiri, pengkonsumsian daun katuk dalam bentuk jus daun katuk sering digunakan sebagai pelangsing.

Mengkonsumsi daun katuk terutama jus daun katuk, sangat disarankan untuk merebusnya terlebih dahulu.  Hal ini berguna untuk membuang racun yang terkandung dalam daun katuk.  Tapi, meskipun daun katuk memiliki sejuta manfaat yang baik untuk tubuh, mengkonsumsi ramuan jus daun katuk sangat tidak dianjurkan.  Pengkonsumsiannya pun tidak boleh lebih dari 50 gram per harinya serta tidak boleh pula dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang.  Pengkonsumsian dalam jangka waktu panjang dengan takaran melebihi 50 gram perhari dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan seperti sulit tidur, kurang nafsu makan hingga mengakibatkan kelainan pada paru-paru seperti bronkitis.

Tapi, anda tidak perlu terlalu khawatir, selama pengkonsumsiannya dalam jumlah yang tepat, anda tetap dapat merasakan manfaat dari daun katuk.  Cara sederhana untuk mengkonsumsi daun katuk adalah dengan membuat jus daun katuk.  Siapkan 50 gram daun katuk yang sudah direbus, 2 buah tomat, dan perasan air lemon.  Blender ketiga bahan tersebut bersama segelas air matang.  Untuk lebih nikmat lagi, anda dapat menyajikannya jus daun katuk bersama es atau menyimpannya di dalam lemari es.  Selamat mencoba. Coba juga jus sehat lainnya Resep Cara Membuat Jus Sayuran Brokoli Sehat By Resep Saya

Description:  Ada berbagai manfaat yang disa didapat dengan mengkonsumsi jus daun katuk, akan tetapi sebaiknya sebelum dikonsumsi, rebus daun katuk terlebih dahulu untuk menghilangkan racun yang ada.

Resep Jus Daun Katuk Untuk ASI Ibu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zikien

0 komentar:

Posting Komentar